Agen BolaLiverpool gagal memetik kemenangan dalam lawatan mereka ke markas Augsburg usai hanya bermain imbang tanpa gol dalam duel leg pertama babak 32 besar Liga Europa yang berlangsung di SGL arena, Jumat (19/2) dini hari WIB.

Babak Pertama:

Tuan rumah Augsburg langsung berusaha menekan sejak awal dengan mengandalkan pergerakan Raul Bobadilla selaku penyerang tunggal. Liverpool coba melancarkan tekanan dan mendapat peluang pertama melalui aksi Roberto Firmino pada menit kedelapan, sempat mengecoh satu bek lawan sebelum melepaskan tembakan lemah yang bisa ditangkap Marwin Hitz.

Laga berjalan lebih dari 15 menit, tempo permainan kedua tim tak begitu tinggi meski sama-sama berusaha mendominasi penguasaan bola. The Reds punya kans untuk membuka keunggulan mereka pada menit ke-22, ketika Daniel Sturridge dalam posisi yang pas saat menerima terobosan Coutinho, namun ada Paul Verhaegh yang belakukan tekel krusial.

Hingga memasuki sepertiga akhir babak pertama, jual beli serangan terus dilancarkan kedua tim, hanya saja kendala lini depan muncul bagi Augsburg ketika Bobadilla mengalami cedera hamstring dan harus digantikan Caiuby. Kendati demikian, intensitas serangan tuan rumah tak berkurang dan beberapa kali memaksa Liverpool untuk fokus membendung tekanan mereka.

Perlahan Augsburg seperti menemukan dan menikmati irama permainan mereka, sementara Liverpool justru terlihat tak lagi gencar menekan dalam sepuluh menit akhir paruh pertama. Alexander Esswein hampir saja mengejutkan pasukan Jurgen Klopp di masa tambahan waktu andai lebih tenang mengekaskusi bola dalam kotak penalti yang bisa ditepis Simon Mignolet.

Babak Kedua:

Liverpool langsung berusaha untuk menekan selepas turun minum, mendapatkan kesempatan lewat Jordan Henderson namun dihentikan wasit akibat dinilai dalam posisi offside. Menit ke-55, Sturridge melewatkan kans untuk bisa membuka keunggulan Liverpool usai gagal menyambar umpan silang James Milner, padahal dirinya berdiri bebas di depan gawang.

Empat menit berselang, situasi kemelut terjadi di muka gawang Augsburg setelah Alberto Moreno mengeksekusi sebuah tendangan bebas, bola nyaris masuk ke gawang tuan rumah sebelum Hitz cepat menangkap bola tepat di atas garis gawang. Dirasa kurang efektif, Klopp menarik keluar Sturridge dan menggantikannya dengan Divock Origi pada menit ke-68.

Menit ke-76, Kostas Stafylidis berdiri bebas di dalam kotak penalti Liverpool, namun sambarannya yang meneruskan sebuah umpan silang melebar. Saling balas serangan terus dilancarkan kedua kubu hingga memasuki sepertiga akhir babak kedua, hanya saja belum optimalnya penyelesaian akhir masing-masing tim membuat sulit memecah kebuntuan.

Ji Dong-won membuat jantung pendukung Liverpool berdebar ketika sepakan kaki kirinya pada menit ke-86 membentur tiang gawang. Selepas momen itu, Coutinho balas mengancam dengan tendangan spekulasinya dari luar kotak yang hanya berbuah sepak pojok. Hinnga wasit meniup peluit panjang, kedudukan imbang tanpa gol tetap bertahan.