Barcelona yang kian kini makin mantap akan posisi mereka yang telah kini berada di puncak klasemen sementara La Liga Spanyol usai menang 3-1 atas tuan rumah Sporting Gijon, Kamis (18/2) dini hari WIB. Hasil tersebut membuat Blaugrana kini unggul enam angka atas Atletico Madrid di posisi kedua, serta tujuh poin atas Real Madrid di urutan ketiga.

Babak Pertama:

Seperti pada pertandingan lainnya, Barcelona langsung berusaha untuk mendominasi permainan sejak awal. Baru tiga menit laga berjalan, Ivan Rakitic membuka kans bagi tim tamu, namun tembakan keras sang gelandang usai menerima sebuah umpan mendatar masih melambung tinggi di atas mistar.

Sporting Gijon sempat memberikan kejutan lewat serangan cepat Pablo Perez pada menit ke-11 meski akhirnya harus kandas. Usai momen itu, pasukan Blaugrana terus melancarkan sejumlah tekanan mereka menuju jantung pertahanan tuan rumah dan memaksa banyak pemain Gijon yang turun ke belekang hingga lebih dari sepertiga waktu jalannya permainan.

Lionel Messi membuka keunggulan Barca pada menit ke-25 sekaligus membukukan gol ke-300 di La Liga usai meneruskan umpan Luis Suarez. Hanya saja keunggulan Barca hanya bertahan dua menit setelah Carlos Castro memaksimalkan serangan balik dengan menuntaskan umpan silang Alex Menendez.

Menit ke-31, Barca kembali memimpin kembali lewat kreasi dua pemain yang sama dengan Messi menyambar umpan manis Suarez usai melakukan penetrasi dari sisi kanan. Momentum didapat, pasukan Luis Enrique terus gencar melakukan tekanan demi tekanan ke barisan belakang Gijon dan keunggulan mereka bertahan hingga turun minum.

Babak Kedua:

Gelombang serangan Barca belum berhenti dan kembali berlanjut selepas jeda pertandingan. Dalam sepuluh menit pertama babak kedua berjalan, tercatat sejumlah ancaman dilancarkan mulai dari Arda Turan, Gerard Pique hingga Suarez yang memaksa para penggawa lini belakang Gijon untuk bekerja lebih keras mengamankan wilayah mereka.

Youngster pinjaman asal Barca, Alen Halilovic melakukan penetrasi dari tengah pada menit ke-58, berusaha menusuk namun mendapat hadangan keras dari Arda Turan. Empat menit berselang, Barca seharusnya bisa unggul lebih jauh andai eksekusi Suarez dari titik putih tak mampu digagalkan Ivan Cuellar. Penalti didapat usai Neymar dilanggar Jorge Mere.

Suarez membayar kegagalannya dalam mengeksekusi penalti dengan mencetak gol ketiga timnya pada menit ke-67 dengan tembakan terukur usai meneruskan umpan Aleix Vidal. Gijon merespon ketertinggalan mereka dengan melakukan sejumlah pergantian pemain, akan tetapi upaya yang dibangun tuan rumah belum cukup menggoyahkan pertahanan Barca.

Memasuki sepuluh menit akhir permainan, Gijon tetap berusaha mengejar ketertinggalan, hanya saja mengandalakn Halilovic seorang jelas kewalahan. Selebihnya, Barca terus memburu gol tambahan meski hingga peluit panjang dibunyikan wasit upaya tersebut tak terlaksana.